Mengenal Lari Estafet


Lari Estafet

Lari Sambung merupakan nama lain lari estafet yang masuk ke dalam kategori perlombaan atletik. Sama seperti namanya, lari sambung ini dilakukan lebih dari satu pelari dan dilakukan secara bergantian. Secara resmi, satu tim yang terlibat dalam kompetisi lari estafet terdiri atas 4 orang. Mereka secara bergantian berlari sejauh 20 meter dan memberi sebuah tongkat pada pelari lainnya untuk melanjutkan jarak lari yang menjadi bagiannya. Apabila seorang pelari memberi tongkat pada pelari setelahnya padahal belum atau melewati jarak 20 meter, maka ia dianggap gagal dan didiskualifikasi dari perlombaan.

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan masing-masing pelari terkait ketentuan di dalam lari estafet ini. Dimulai dari teknik start yang berbeda-beda. Pelari pertama melakukan starting dengan cara jongkok seperti pelari jarak pendek atau sprint. Sementara itu, pelari selanjutnya yakni 2, 3 dan 4 melakukan gerakan start melayang karena ia tidak sedang dalam keadaan diam. Pelari 2, 3 dan 4 ini bersiap mengambil tongkat estafet sambil ikut berlari hingga zona wasel (titik pergantian tiap 20 meter) tercukupi.


Hal lain yang perlu diperhatikan adalah metode atau cara pelari dalam mengoper tongkat. Adapun cara yang lazim digunakan dalam kompetisi lari estafet antara lain:
  1. Dengan cara visual: pelari selanjutnya menerima tongkat dengan terlebih dahulu menoleh ke belakang. Cara ini biasanya digunakan mereka yang bertanding pada nomor 4x400 meter.
  2. Dengan cara non-visual: pelari selanjutnya menerma operan tongkat estafet dengan tangan yang lurus ke belakang mengarah pada pelari sebelumnya tanpa harus ikut menolehkan kepalanya.
Selain hal teknis, penting juga untuk memahami peraturan dan hal penting lainnya dalam olahraga lari estafet ini, antara lain: 
  1. Setiap pelari estafet harus berada di dalam lintasannya yang telah ditentukan bagi mereka. Meskipun dalam kondisi ia telah memberikan tongkat estafet, tidak diperkenankan untuk keluar lintasan.
  2. Apabila tongkat estafet terjatuh di pelari pertama, maka pelari kedua tidak boleh memungutnya. Cara yang benar adalah si pelari pertama mengambil tongkat kembali dan memberinya pada pelari selanjutnya apabila telah masuk zona pergantian.
  3. Tongkat estafet memiliki ukuran 28 hingga 30 cm dengan jumlah diameter 33 mm serta berat mencapai 50 gram.
  4. Di dalam lari estafet, pelari pertama diwajibkan berlari hingga tikungan pertama dan selanjutnya boleh memasuki jalur lintasan lari di bagian dalam. Selanjutnya, pelari berikutnya akan menunggi di zona pergantian dimana ia dan rekan satu timnya ditempatkan.
  5. Pemberian tingkat jauh lebih baik jika dilakukan dengan cara bersilang yakni pelari pertama dan kedua memegang tongkat estafet dengan menggunakan tangan kanan sementara itu pelari 3 dan 4 memegang dengan tangan kiri.
  6. Dalam lari estafet, urutan pelari 1,2,3 dan 4 sebaiknya dilakukan dengan mengacu pada kemampuan masing-masing pelari.