Memahami Cara Push Up Yang Benar

cara push up yang benar
Push Up merupakan salah satu cara berolahraga yang murah. Mengapa? Sebab tidak memerlukan biaya tambahan sama sekali. Push Up selalu identik dengan militer, padahal sebenarnya siapapun bisa melakukan aktifitas yang satu ini. Push Up tergolong ke dalam jenis olahraga yang ringan dan juga praktis. Fungsinya tentu untuk membuat tubuh Anda terasa bugar dan segar. Push Up menumpu pada kekuatan lengan sehingga efek pengencangan pada otot lengan Anda akan terlihat secara signifikan jika Anda melakukannya dengan teratur dan benar. Selain itu, push up juga bisa membantu mengecilkan otot pada bagian perut. Hanya saja, banyak di antara kita yang mengira push up terlampau mudah sehingga malas tahu cara push  up yang benar. Alih-alih bugar, yang Anda rasakan justru capek saja.

Bagaimana cara push up yang benar?

Pada dasarnya, melakukan olahraga push up sangatlah mudah. Namun bukan berarti Anda tidak memperhatikan segala sesuatu yang terdapat di dalamnya. Berikut kami berikan cara push up yang benar:
  1. Memang olahraga push up sanga mudah dan praktis. Banyak orang yang menganggap, gerakan push up harus dilakukan di atas alas atau matras. hal ini tidak benar seba menurut beberapa ahli, cara melakukan push up yang benar justru harus tanpa matras. Jadi lakukan saja di atas lantai atau permukaan lainnya tanpa matras, misalnya lapangan olahraga.
  2. Saat memulau push up, pastikan poisis Anda lebar di lantai. Jangan terlalu menyempit dan juga jangan terlalu melebar. Luruskan saja lengan Anda ke bawah. Sementara itu pada bagian kaki menumpu pada ujung jari-jari kaki Anda. Dengan demikian, tubuh bisa ditopang dengan sempurna dan juga lurus.
  3. Selanjutnya, secara perlahan tekuk siku dan kemudian turunkan posisi bahu Anda sampai pada sikut sehingga membentuk sudut sejumlah 90 derajat. Gerakan ini dilakukan dengan dibarengi kegiatan membuang napas secara teratur.
  4. Saat posisi Anda kembali ke atas, saatnya Anda menarik napas yang panjang. Dan saat posisi Anda kembali turun, buanglah napas secara perlahan. Hal ini akan ikut melatih perut Anda.
  5. Pada posisi ke atas, usahakan sampai lengan Anda kembali lurus sempurna sebelum kembali pada posisi ke bawah.

Bagaimana, cukup sederhana bukan? Cara melakukan push up yang benar adalah pada saat perut seseorang sedang kosong yakni pada malam dan juga pagi hari. Jika Anda seorang pemula, sebaiknya melakukan gerakan push up sebanyak 2 seri setiap harinya, bisa pagi maupun malam. Setiap seri terdiri atas 25 gerakan naik-turun. Selanjutnya, jumlah bisa Anda tingkatkan sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda. Dengan memperhatikan cara push up yang benar, Anda bisa memperoleh manfaat push up secara maksimal yakni mengencangkan otot Anda terutama bagian lengan, mencegah terjadinya osteoporosis, membuat usia Anda lebih panjang (sesuai dengan penelitian University of Greifswald), meratakan perut Anda yang buncit dan masih banyak lagi lainnya! Jadi, siapa bilang olahraga itu ribet?